Breaking News
Home » Berita » Hadiah Istimewa Untuk Penyandang Cacat Ini Tak Lain Adalah Karya Modifikasi Siswa SMK Saraswati 2 Denpasar

Hadiah Istimewa Untuk Penyandang Cacat Ini Tak Lain Adalah Karya Modifikasi Siswa SMK Saraswati 2 Denpasar

Hadiah Istimewa Untuk Penyandang Cacat Ini Tak Lain Adalah Karya Modifikasi Siswa SMK Saraswati 2 Denpasar

motor bebek penyandang cacat
motor bebek penyandang cacat

Gede Putra, selaku Kepala SMK Saraswati 2 Denpasar menantang para muridnya untuk berkarya menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi sesama. Hasilnya, para murid sekolah tersebut berhasil membuat modifikasi motor bebek menjadi motor antik khusus untuk penyandang cacat yang membutuhkan.
Hasil karya siswa SMK Saraswati 2 Denpasar ini berupa motor merah roda tiga berwarna merah hasil modifikasi itu dipamerkan kepada khalayak umum dalam acara Gelar Teknologi SMK Kota Denpasar yang dilaksanakan UPT Rumah Pintar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kota Denpasar, Jumat (8/5/2015).
Dalam acara pameran tersebut, salah satu yang paling mengundang perhatian pengunjung adalah pameran modifikasi motor oleh SMK Saraswati 2 Denpasar yang merupakan satu di antara pameran-pameran yang digelar di Jalan Kamboja, tepatnya sebelah SMAN 1 Denpasar, Bali.
Berbagai motor modifikasi yang meramaikan pameran yang dipamerkan, motor unik beroda tiga ini salah satu yang menarik perhatian kala melintas di sana. Tak hanya karena warnanya sangat mencolok, yakni berwarna merah, roda dari motor itu dimodifikasi khusus untuk penderita cacat.
“Kami sengaja tantang murid untuk membuat sesuatu yang bisa berguna. Tidak sekadar hanya modifikasi, tapi tidak ada fungsi dan produktivitasnya,” ujar Gede Putra.
Kepala SMK Saraswati 2 Denpasar ini juga mengungkapkan, proses modifikasi motor itu sebetulnya terlalu cepat dari perkiraan. Sehingga akibatnya pengecatan bodi motor kurang maksimal sehingga tampak kasar dan tidak rapi.
Namun, bagi Putra, itu tidak menjadi masalah, sebab yang namanya pendidikan pasti identik dengan proses.
“Ya, tidak masalah. Saya maklumi siswa karena waktu yang kami berikan hanya dua minggu saja” jelasnya.
Ke depan, Putra berencana menugaskan muridnya untuk berlatih memodifikasi motor menggunakan teknologi dinamo agar kendaran bisa berjalan tanpa bahan bakar.
“Kami sudah rencanakan, untuk tugas selanjutnya mereka biar bisa memodifikasi sebuah motor yang bisa berjalan tapi tidak menggunakan bahan bakar. Dengan baterai 12 volt dan 40 ampere serta menggunakan sumber alternator sebagai pembangkit listriknya,” jelas Putra kepada Tribun Bali.
Salah satu siswi kelas 2 Multimedia SMK Saraswati 2 Denpasar Nurul Vaedah tampak duduk di sebelah motor yang dimodifikasi untuk penyandang cacat ini. Ia mengaku bangga sebagai murid di SMK Saraswati 2 Denpasar bisa terus berkarya positif yang berguna untuk bekal setelah lulus.
“Bangga pokoknya. Semoga terus bisa menghasilkan karya positif,” ujar gadis cantik berusia 17 tahun ini.
Jika sejak di bangku sekolah kita sudah diajarkan untuk membantu sesame seperti memberikan motor modifikasi khusus penyandang cacat seperti ini pasti akan semakin banyak orang yang peduli dengan sesamnya yang memiliki kekurangan.

Sumber : http://bali.tribunnews.com/

Check Also

Modif c70 Kuning

Motor nyentrik Honda C70 Ala Valentino Rossi

Motor nyentrik Honda C70 Ala Valentino Rossi Kontes motor modifikasi selalu menjadi tempat favorit bagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *